Jumat, 18 Januari 2013

ANGGARAN TURUN 100%, PROYEK PPIP DI DESA JATIAN DI DUGA BANYAK PELANGGARAN.


JEMBER-Penerima bantuan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) di Kabupaten Jember Tahun 2012 sejumlah 28 lokasi yang tersebar di desa yang ada di kecamatan- kecamatan dengan anggaran masing-masing 250 juta di setiap lokasi desa.

Desa yang mendapat bantuan proyek PPIP yaitu Desa Jatian Kecamatan Pakusari. Anggaran 250 juta digunakan untuk proyek pembangunan jalan desa dengan panjang 200 m lebar 2,5m  dan pembangunan tembok penahan tanah (TPT).bantuan tersebut dimaksudkan untuk pemerataan pembangunan dan warga sekitar dapat merasakan manfaat pembangunan sarana dan prasarana tersebut dengan melibatkan mereka dalam pekerjaan tersebut. Proyek yang dikerjakan haruslah sesuai dengan juklak-juknis maupun pedum aturan-aturan yang telah di tetapkan sesuai dengan target waktu tertentu. Dan hasil laporan juga sesuai dengan RAB yang ada.

Namun Proyek PPIP di desa Jatian kecamatan Pakusari banyak di temukan pelanggaran. ‘’ kami sudah meninjau lokasi proyek yang dikerjakan mas lokasinya di Dusun Plalangan, hingga Krajan banyak permasalahan yang kita temukan mulai dari yang dikontraktualkan, pekerja yang kebanyakan bukan warga sekitar lokasi proyek dan banyak yang lain” Ungkap Korlap LSM Gerpas Imam Syafi’i.
Menurut Imam, para pekerja dari luar desa tersebut, mereka mengaku berasal dari Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari, hanya dua orang yang warga sini mas, ini kan udah gak bener“ geram Imam

Masih menurut pria yang terkenal dengan rambut gondrongnya ini menambahkan ”keadaan proyek yang dikerjakan terkesan masih asal-asalan, coba sampeyan juga bisa cek sendiri langsung mas, masak kaya gini hasilnya (sambil menunjuk ke arah jalan yang belum di aspal hanya batu-batuan yang disusun).

Kita kalkulasi ini baru 70% mas, padahal batas akhir waktu penyelesaian proyek tanggal 24 Desember kemarin. Dari temuan ini akan kami laporkan ke kejaksaan atau tipikor polres, mana yang  lebih aktif duluan,“tegas Imam.

Ketua OMS PPIP Desa Jatian Ahmad Dahlan saat dikonfirmasi LSM Gerpas menyatakan, “Proyek PPIP sudah diborongkan ke Pak Cuk dan Pak Sasmita orang UPT PU Bina Marga, “kata Dahlan. Saat di hubungi Pak Cuk malah membalikkan Fakta, “tidak benar mas saya hanya disuruh mengerjakan urusan tehnis saja, “ aku Pak Cuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar